Visi, Misi, Tujuan UPBJJ-UT Bandung

3,033 total views, 21 views today

Visi & Misi UPBJJ UT Bandung

Menjadi UPBJJ-UT yang unggul dalam layanan PTTJJ dalam membantu mewujudkan Universitas Terbuka menjadi institusi PTTJJ berkualitas dunia dalam menghasilkan lulusan pendidikan tinggi yang memiliki daya saing tinggi serta dalam mengembangkan teori dan praktik PTTJJ.
  1. Memperluas kesempatan belajar pada jenjang pendidikan tinggi yang berkualitas dunia bagi masyarakat di wilayah kerja UPBJJ-UT Bandung melalui penyelenggaraan berbagai program PTTJJ untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi.
  2. Meningkatkan efektivitas pembelajaran melalui layanan bantuan belajar.
  3. Memastikan penyelenggaraan evaluasi proses dan hasil belajar dilakukan secara kredibel.
  4. Meningkatkan partisipasi masyarakat pengguna dalam pendidikan berkelanjutan untuk mewujudkan masyarakat berbasis pengetahuan (knowledge-based society).
  5. Menyebarluaskan dan berbagi informasi tentang PTTJJ secara inovatif dan berkesinambungan.
  6. Memperkokoh persaudaraan dan kesatuan bangsa, khususnya di wilayah UPBJJ-UT Bandung melalui pendidikan secara luas dan merata.
  7. Meningkatkan pemahaman lintas budaya dan jaringan kerja sama melalui kemitraan pendidikan pada tingkat lokal dan nasional.
Untuk mencapai Visi dan menjalankan Misi, tujuan penyelenggaraan UPBJJ-UT dirumuskan sebagai berikut.
  1. Secara berkesinambungan meningkatkan efektifitas sistem manajemen mutu UT demi meningkatkan layanan registrasi, distribusi bahan ajar, bantuan belajar, evaluasi hasil belajar dan administrasi kelulusan untuk menunjang lulusan yang memiliki kompetensi akademik dan/atau professional yang mampu bersaing secara global.
  2. Pengembangan kemitraan yang saling menguntungkan dengan pihak lain yang seluas-luasnya termasuk dengan pihak swasta dalam penyediaan layanan pendidikan dengan asas kesetaraan dan keadilan guna meningkatkan jangkauan dan angka partisipasi mahasiswa guna mewujudkan masyarakat berbasis pengetahuan (knowledge-based society).
  3. Memanfaatkan segala sumber daya yang tersedia secara terintegrasi, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan untuk menunjang pelaksanaan kegiatan secara efektif.
  4. Mengembangkan SDM UPBJJ-UT Bandung yang berkompetensi rangkap sehingga mampu berperan secara optimal.