OSMB Program S-1 PGSD & S-1 PGPAUD Semester 2017/2018.1 (Masa Registrasi 2017.2)

ORIENTASI STUDI MAHASISWA BARU (OSMB) PROGRAM S-1 PGSD & S-1 PGPAUD SEMESTER 2017/2018.1 (MASA REGISTRASI 2017.2)

OSMB merupakan kegiatan pengenalan mengenai proses belajar di perguruan tinggi. Khusus di UT yang menerapkan sistem belajar jarak jauh, maka OSMB di UT ditekankan pada proses belajar mandiri. Adapun tujuan OSMB bagi mahasiswa UT adalah:

  1. Mengenal dan memahami lingkungan UPBJJ – UT dan UT sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya.
  2. Menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di UPBJJ – UT secara maksimal.
  3. Memberikan pemahaman awal tentang wacana kebangsaan serta pendidikan yang mencerdaskan berdasarkan pada nilai – nilai kemanusiaan.
  4. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar mandiri di UT serta mematuhi dan melaksanakan norma – norma yang berlaku di UT, khususnya yang terkait dengan Kode Etik dan Tata Tertib Mahasiswa.
  5. Menumbuhkan rasa persaudaraan kemanusiaan di kalangan civitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan UPBJJ – UT yang nyaman, tertib, dan dinamis.
  6. Menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru akan tanggungjawab akademik dan sosialnya sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pada semester 2017/2018.1 (Masa Registrasi 2017.2), mahasiswa baru di UPBJJ Bandung berjumlah 692 orang, dengan sebaran mahasiswa per kabupaten/kota sebagai berikut: Kabupaten Bandung sejumlah 199 orang, Kota Bandung sejumlah 215 orang, Kota Cimahi sejumlah 34 orang, dan Kabupaten Bandung Barat sejumlah 1 orang (masuk ke dalam wilayah I & II); Kabupaten Majalengka sejumlah 167 orang (masuk ke dalam wilayah III); Kota Tasikmalaya sejumlah 32 orang, Kabupaten Tasikmalaya sejumlah 41 orang, Kabupaten Garut sejumlah 2 orang, dan Kabupaten Ciamis sejumlah 1 orang (masuk ke dalam wilayah IV).

Kegiatan ini mengambil tema “Pemanfaatan Open Education Resources (OER) Untuk Menggapai Hasil Belajar Mahasiswa yang Optimal” diselenggarakan di tiga lokasi sesuai wilayah masing-masing. Untuk wilayah I & II dilaksanakan pada hari Jumat, 15 September 2017, bertempat di Kantor UPBJJ-UT Bandung, Jln. Raya Panyileukan No. 1A Soekarno Hatta Bandung.

Kepala UPBJJ-UT Bandung, Dra. Dina Thaib, M.Ed., membuka acara tersebut sekaligus melantik mahasiswa baru dengan mengenakan jaket almamater kepada dua orang perwakilan mahasiswa yaitu: 1) Fadhilah Septia; dan 2) Ali Damiri, keduanya dari Prodi S-1 PGSD Kota Cimahi.

Pada akhir kegiatan ditutup dengan acara sosialisasi akademik yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas S-1 PGSD dan S-1 PGPAUD.

Kegiatan OSMB untuk wilayah III dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 September 2017, bertempat di SMAN 1 Majalengka Jl. K.H. Abdul Halim No. 113 Majalengka.

dan untuk wilayah IV dilaksanakan pada hari Minggu, 17 September 2017, bertempat di Aula Kementerian Agama (gedung lama) Jl. Noengnoeng Tisna Saputra No. 1 Depan STAI, Cilolohan, Kota Tasikmalaya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh mahasiswa baru selain dapat memahami fungsi dan peran UPBJJ sebagai perpanjangan tangan UT Pusat dalam mengelola, memberi layanan kepada mahasiswa UT, juga memahami sistem dan prosedur pembelajaran mulai dari registrasi pertama hingga penyelesaian akhir studi, serta menjalin hubungan harmonis antar sesama mahasiswa dan dengan pembimbing akademik dalam upaya meningkatkan kualitas hasil belajar. Dalam akhir sambutannya, Kepala menghimbau agar mahasiswa UT di wilayah kerja UPBJJ-UT Bandung untuk selalu menggunakan berbagai fasilitas layanan online yang disediakan oleh UT bagi mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *