• bandung@ecampus.ut.ac.id

Persyaratan Pendaftaran Sarjana Dipoma - S1, Pascasarjana - S2 & Doktor - S3

Keunggulan Universitas Terbuka

Akreditasi

Terakreditasi BAN-PT A & B

Terjangkau

Biaya SPP Terjangkau

Fleksibel

Kuliah Bisa Dimana Saja
  • S1
  • S2
  • S3

Persyaratan Masuk Program Sarjana dan Diploma

Non RPL Alih Kredit

• Upload Pas Foto (3x4)
• Upload Formulir Tanda Tangan Mahasiswa
• Upload Form Pernyataan Keabsahan Dokumen
• Upload KTP Asli
• Upload Fotocopy Ijazah Terakhir (Legalisir Cap Basah)
• Surat Keterangan Mengajar min 1 Tahun  Prodi Pendidikan FKIP

Alih Kredit

• Fotocopy Transkrip Nilai (Legalisir Cap Basah)
• Screenshot PDDIKTI/Surat Penyelenggaraan
• Ijazah SLTA Asli
• Daftar Riwayat Hidup
• SK CPNS/Yayasan Prodi Pendidikan FKIP
Read More

PERSYARATAN PENDAFTARAN

  1. Mengunggah kelengkapan berkas pendaftaran berupa:
      1. Ijazah dan Transkrip S1 yang telah dilegalisasi;
      2. Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4×6 (dua lembar);
      3. Surat Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti/Kemendikbud, khusus bagi lulusan S2 luar negeri (satu set);
      4. Kartu Tanda Penduduk (KTP) (satu lembar);
      5. Sertifikat akreditasi program studi (Ijazah S1/D-IV dilengkapi transkrip dari calon mahasiswa harus berasal dari perguruan tinggi yang mendapatkan izin penyelenggaraan dari Dikti (harus terdaftar di PDDikti/Pangkalan Data Pendidikan Tinggi) atau dari universitas luar negeri yang ijasahnya disetarakan S1 oleh Dikti. Apabila data PT asal tidak terdaftar pada PDDikti, diperlukan surat dari PT asal atau pihak berwenang lain yang menyatakan PT asal pernah terdaftar pada PDDikti) pada tahun lulus ijazah .
      6. Bukti telah mengikuti Tes Bahasa Inggris pada institusi yang bereputasi dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir dengan skor masing-masing minimal setara nilai ITP-TOEFL 450 (Jika ada).
        Sertifikat TOEFL yang diakui UT adalah ITP-TOEFL. UT juga mengakui tes iBT-TOEFL, IELTS, dan Tes Bahasa Inggris dari Lembaga/Pusat Bahasa Perguruan Tinggi dengan konversi skor seperti tertera di atas.
      7. Bukti telah mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) pada institusi yang bereputasi dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir dengan skor masingmasing minimal setara nilai TPA 450 (Jika ada). Sertifikat TPA yang diakui UT adalah TKDA dari PLTI dan TPA dari Bappenas
      8. Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4×6 (dua lembar);
      9. Daftar Riwayat Hidup dan Pengalaman Kerja (Lampiran 1 PDF) (Lampiran 1 WORD);
      10. Formulir Isian Pasfoto, Sidik Jari, dan Tanda Tangan (Lampiran 2 PDF)(Lampiran 2 WORD);
      11. Rancangan penelitian singkat (1.000-1.500 kata) untuk tesis (Lampiran 3 PDF)(Lampiran 3 WORD);.
      12. Surat Izin Mengikuti Program Magister dari atasan langsung, khusus bagi peserta yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Aparatur Pemerintah (Lampiran 4 PDF) (Lampiran 4 WORD);
      13. Surat pernyataan mampu mengoperasikan komputer untuk kepentingan mengikuti pendidikan dan mempunyai akses internet (ditandatangani di atas meterai) (Lampiran 6 PDF) (Lampiran 6 WORD);
      14. Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen, yang ditandatangani di atas meterai Rp10.000,00. (Lampiran 8 PDF) (Lampiran 8 WORD)).Catatan:File yang diunggah dibuat dalam format pdf (dengan ukuran maksimal 2 Mb), kecuali ijazah, transkrip, kartu identitas, dan pasfoto dalam format .jpg (dengan ukuran maksimal 2 Mb) 
  2. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 750.000,00 (Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) melalui bank mitra UT, yaitu: BRI, Bank Mandiri, BTN, atau BNI.
  3. Mengikuti seleksi administrasi dan tes masuk program S2, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan

SELEKSI
Kegiatan seleksi terdiri atas tiga tahap berikut.

  1. Seleksi administrasi (kelengkapan, otensitas, dan kesesuaian berkas pendaftaran)
  2. Tes masuk, dengan materi:
    1. Tes Potensi Akademik (TPA)/Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA);
    2. TOEFL/TOEP; dan
    3. Tes Substansi.
Read More

PERSYARATAN PENDAFTARAN

  1. Latar belakang Pendidikan
    1. Sekurang-kurangnya telah lulus pendidikan jenjang S2 dari program studi yang terakreditasi minimum B.
    2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) kelulusan minimum 3,00.
  2. Melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa program doktor dengan mengisi formulir pendaftaran.Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui laman UT (http://www.ut.ac.id) pada menu UT Online submenu “Registrasi Onlinesesuai dengan jadwal dalam yang telah ditetapkan PPs-UT.
  3. Mengunggah kelengkapan berkas pendaftaran berupa:
      1. Ijazah dan Transkrip S2 (hasil scan dokumen asli, @ satu lembar);
      2. Surat Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti/Kemendikbud, khusus bagi lulusan S2 luar negeri (satu set);
      3. Kartu Tanda Penduduk (KTP) (satu lembar);
      4. Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4×6 (dua lembar);
      5. Daftar Riwayat Hidup dan Pengalaman Kerja (Lampiran 1 PDF) (Lampiran 1 WORD);
      6. Formulir Isian Pasfoto, Sidik Jari, dan Tanda Tangan (Lampiran 2 PDF)(Lampiran 2 WORD);
      7. Rancangan penelitian singkat (2.500-3.000 kata) untuk Tugas Akhir Program Doktor/TAPD (Disertasi) (Lampiran 3 PDF)(Lampiran 3 WORD);
      8. Surat Izin Mengikuti Program Doktor UT dari atasan langsung, khusus bagi peserta yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Aparatur Pemerintah (Lampiran 4 PDF) (Lampiran 4 WORD);
      9. Bukti telah mengikuti TPA/TKDA dan TOEFL/IELTS/TOEP dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir dengan skor masing-masing minimal 500 untuk TPA/TKDA dan TOEFL/TOEP atau 5,0 untuk IELTS;
      10. Rekomendasi Kelayakan mengikuti program doktor dari dosen S2, atasan, dan/atau sejawat (dua rekomendasi) (Lampiran 5 PDF) (Lampiran 5 WORD);
      11. Surat pernyataan mampu mengoperasikan komputer untuk kepentingan mengikuti pendidikan dan mempunyai akses internet (ditandatangani di atas meterai) (Lampiran 6 PDF) (Lampiran 6 WORD);
      12. Surat pernyataan kesiapan mengikuti program pendidikan doktor, sesuai dengan ketentuan UT, apabila dinyatakan lolos seleksi calon mahasiswa Program S3 UT (Lampiran 7 PDF) (Lampiran 7 WORD); serta
      13. Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen, yang ditandatangani di atas meterai Rp10.000,00. (Lampiran 8 PDF) (Lampiran 8 WORD).Catatan:File yang diunggah dibuat dalam format pdf (dengan ukuran maksimal 2 Mb), kecuali ijazah, transkrip, kartu identitas, dan pasfoto dalam format .jpg (dengan ukuran maksimal 2 Mb) 
  4. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp1.000.000,00 (Satu Juta Rupiah) melalui bank mitra UT, yaitu: BRI, Bank Mandiri, BTN, atau BNI.
  5. Mengikuti seleksi administrasi dan tes masuk program S3, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan

SELEKSI
Kegiatan seleksi terdiri atas tiga tahap berikut.

  1. Seleksi administrasi (kelengkapan, otensitas, dan kesesuaian berkas pendaftaran)
  2. Tes masuk, dengan materi:
    1. Tes Potensi Akademik (TPA)/Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA);
    2. TOEFL/TOEP; dan
    3. Tes Substansi.
  3. Wawancara

BIAYA

NoJenis TarifSatuan
1Biaya AdmisiRp. 1.000.000,00./peserta
2Biaya Program MatrikulasiRp. 6.000.000,00./peserta
3Uang Kuliah Semester 1-8*)Rp. 12.500.000,00./semester
4Biaya Ujian Sidang Tugas Akhir Program Doktor (TAPD)Rp. 8.000.000,00./mahasiswa
5Registrasi Mata Kuliah UlangRp. 1.000.000,00./mata kuliah

*) Jangka waktu penyelesaian studi program S3 sekurang-kurangnya 6 semester

Read More

Jangan Tunda Lagi

Saatnya jadi bagian dari Universitas Terbuka Bandung