Entrepreneurship at Global Crossroad: Challenges and Solutions

Entrepreneurship menjadi determinan penting pertumbuhan ekonomi di era ekonomi global yang ditandai dengan perkembangan teknologi informasi dan terbentuknya masyarakat berbasis pengetahuan (knowledge society). Kondisi tersebut menuntut pelaku ekonomi yang inovatif dan dinamis. Di Asia, perkembangan kewirausahaan baik secara konseptual dan praktek mengalami perkembangan yang sangat pesat.  Arus globalisasi dan modernisasi di segala aspek telah membentuk knowledge society dimana teknologi informasi (IT) menjadi landasan utama yang membentuk angkatan kerja berpengetahuan  (knowledgable workforce), tuntutan untuk melihat pasar global, berkembangnya produksi dan distribusi yang tidak dibatasi oleh batas negara.

Tantangan dan peluang  di era ini harus dapat dimanfaatkan oleh wirausaha yang berbasis pengetahuan (knowledge-based) dengan memadukan wirausaha berbasis teknologi (technopreneurship) dan wirausaha kreatif (creative entrepreneurship).  Peran technopreneur adalah mengkombinasikan bakat riset dan konsep baru manajemen/bisnis untuk menciptakan inovasi teknologi yang aplikatif. Knowledge society tidak hanya berkenaan dengan IT, namun perlu memunculkan wirausaha kreatif yang dapat memanfaatkan pengetahuan dan budaya lokal, serta fenomena sosial politik untuk menciptakan keunggulan bersaing.

Untuk menjawab berbagai isu, fenomena, permasalah dan pemikiran yang berkembang berkenaan dengan kewirausahaan,  Fakultas Ekonomi UT bekerjasama dengan IKA-UT akan menyelenggarakan seminar nasional dengan tema “Entrepreneurship at Global Crossroad: Challenges and Solutions”. Pada seminar ini akan dikaji secara lebih luas dan mendalam mengenai berbagai konsep, solusi dan pemikiran agar dapat dijadikan referensi dalam mendorong semangat berwirausaha masyarakat Indonesia untuk dapat menggerakkan perekonomian negara secara mandiri.  Kewirausahaan merupakan bekal penting pembangunan karakter ekonomi yang kuat bagi negara berkembang khususnya di wilayah Asia.

Informasi selengkapnya dapat dilihat di sini..