OSMB UPBJJ-UT Bandung Masa Registrasi 2018.1 diikuti 1.212 mahasiswa

Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) merupakan salah satu komponen kegiatan yang harus dilalui oleh para mahasiswa baru di Universitas Terbuka. Pada masa regitrasi 2018.1, UPBJJ-UT Bandung menyelenggarakan OSMB bagi 1.212 mahasiswa baru Program S1 PGSD dan S1 PGPAUD, yang dilaksanakan dari tanggal 19 Maret dan 20 Maret 2018 di tiga lokasi.

Kegiatan OSMB di lokasi pertama yaitu di Kantor UPBJJ-UT Bandung, dilaksanakan pada tanggal 19 Maret dan 20 Maret 2018 diikuti oleh mahasiswa baru yang berasal dari Kota Bandung, Kab. Bandung, Kab. Bandung Barat, Kota Cimahi, Kab. Purwakarta, Kab. Subang, dan Kab. Sumedang. Kepala UPBJJ-UT Bandung, Drs. Enang Rusyana, M.Pd membuka langsung kegiatan tersebut, sekaligus melantik secara resmi dengan mengenakan jaket almamater dan menyerahkan Kartu Tanda Mahasiswa Elektronik (KTM-E) serta bukti registrasi masa registrasi 2018.1 kepada dua orang perwakilan mahasiswa secara simbolis.

Sedangkan dua lokasi lainnya yang dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2018, yaitu di Gelanggang Pemuda Kab. Kuningan diikuti oleh mahasiswa dari Kab. Kuningan dan Kab. Indramayu, dengan narasumber PJ. Bidang Registrasi dan Ujian UPBJJ-UT Bandung, Imas Maesaroh, S.E., M.Si. serta lokasi di Graha Sindangkasih Kab. Majalengka diikuti oleh mahasiswa dari Kab. Majalengka dan Kab. Cirebon dengan narasumber PJ. Bidang Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar UPBJJ-UT Bandung, Angga Sucitra Hendrayana, S.E., M.Si.

Dengan tema kegiatan “Pemanfaatan Open Education Resources (OER) untuk Menggapai Hasil Belajar yang Optimal”, mahasiswa baru dikenalkan dengan beberapa fasilitas layanan belajar online yang dimiliki oleh UT diantaranya perpustakaan digital, latihan mandiri, Ruang Baca Virtual, mengakses SUAKA-UT dan Guru Pintar Online dalam mendukung proses pembelajaran. Selain itu para mahasiswa baru juga diberikan materi mengenai strategi belajar mandiri, bagaimana membaca modul yang efektif, dan mengelola waktu belajar, serta mengimplementasikan  prinsip belajar mandiri. Diharapkan melalui kegiatan OSMB, seluruh mahasiswa baru dapat memahami fungsi dan peran UPBJJ sebagai perpanjangan tangan UT Pusat dalam mengelola, memberi layanan kepada mahasiswa UT, juga memahami sistem, prosedur pembelajaran mulai dari registrasi pertama hingga penyelesaian akhir studi. (A.Sucitra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *