Pembekalan Tutor Program S-1 PGSD & S-1 PGPAUD Semester 2017/2018.1

Universitas Terbuka merupakan institusi yang menyediakan kesempatan belajar secara mandiri untuk mahasiswa. Salah satu layananan bantuan belajar bagi mahasiswa UT adalah Tutorial Tatap Muka (TTM), dimana pada kegiatan TTM ini dilakukan di bawah bimbingan tutor sebagai fasilitator.

Untuk memperlancar kegiatan tutorial dan menyamakan persepsi tutor, UPBJJ-UT Bandung menyelenggarakan Pembekalan Tutor Program Sarjana PGSD dan PGPAUD Semester 2017/2018.1 (Masa Tutorial 2017.2) pada hari Minggu, 24 September 2017 diikuti 217 orang tutor yang berasal dari berbagai instansi/perguruan tinggi. Meskipun kegiatan ini dilaksanakan di hari libur, para peserta sangat antusias dalam mengikutinya.

Kepala UPBJJ-UT Bandung, Dra. Dina Thaib, M.Ed. dalam sambutannya mengharapkan kepada seluruh tutor dapat meningkatkan kualitas layanan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh ISO, diantaranya kesesuaian jumlah pertemuan tutorial, cara pemberian nilai, RAT dan SAT, dan kedisiplinan dalam pengumpulan administrasi tutorial.

Pada sesi selanjutnya yaitu sesi yang disampaikan oleh Koordinator Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar (BBLBA), Angga Sucitra Hendrayana, S.E., M.Si., para tutor dibekali dengan sosialisasi Laman Tutor, Evaluasi Pelaksanaan TTM Program S-1 PGSD & PGPAUD semester sebelumnya, dan Rencana Pelaksanaan TTM Masa Tutorial 2017.1.  Pada sosialisasi laman tutor dijelaskan diantaranya mengenai Kit Tutorial yang dapat diunduh oleh tutor serta fasilitas unggah Laporan Tutorial (Daftar Hadir dan Daftar Nilai Mahasiswa secara softcopy) yang harus dilakukan oleh tutor. Dengan kegiatan ini diharapkan kepada tutor pada saat pemberian materi melalui tutorial yang baik dan benar, tutor dapat memahami tugas dan tanggungjawabnya sehingga mahasiswa dapat memahami dan menguasi materi pada Buku Materi Pokok (BMP) dengan baik, yang pada akhirnya mereka mendapatkan hasil yang optimal. Kegiatan ini diakhiri dengan penyelesaian Kit Tutorial yang dibagi dalam empat kelompok kerja dan dipimpin oleh fasilitator mata kuliah (tenaga edukatif UPBJJ-UT Bandung).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *